Pilih Earth Hour = Pilih Bumi Selamat !!!!!!

60Living,. Black In News,. Earth Hour merupakan salah satu kampanye serta bentuk solidaritas untuk menyelamatkan bumi dari ancaman global warming. Untuk pertama kalinya di Indonesia tepatnya Kota Jakarta yang ditunjuk sebagai kota pertama penyelenggara Earth Hour akan memadamkan listrik selama 1 (satu) jam. Dan pada saat yang bersamaan, lampu-lampu di bangunan bersejarah seperti Monumen Nasional (Monas) serta di beberapa ciri khas kota Jakarta lainnya, seperti Patung Pemuda, Jembatan Semanggi, Bundaran HI, Air Mancur Arjuna Wiwaha dan tak terkecuali kantor gubernur balaikota akan dipadamkan. Bayangkan suasana yang padat, penat, serta ramai akan terasa tenang, hening serta terdengar irama bumi. Pada saat itu orang-orang rela menjadi Black Community karena tidak ada penerangan demi menyelamatkan bumi dari ganasnya Global Warming. Alhasil, berdasarkan sumber dari www.earthhour.wwf.or.id, pemadaman lampu di Jakarta akan berbuah manis seperti halnya:

1. 300MW (cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa)

2.Mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta

3.Mengurangi emisi sekitar 284 ton CO2

4.Menyelamatkan lebih dari 284 pohon

5.Menghasilkan O2 untuk lebih dari 568 orang

Selain itu, tujuan di serukannya kampanye ini di Jakarta adalah :

~Mendapat dukungan dan partisipasi pemerintah, pelaku bisnis, dan publik

~Mengedukasi publik untuk melakukan perubahan gaya hidup sehari-hari demi menurunkan emisi karbon dioksida dan mengurangi dampak perubahan iklim

~Mengukur kontribusi dan perubahan yang dapat dilakukan Jakarta dalam upaya penurunan emisi karbon dioksida (jika dilakukan tiap tahun atau menjadi program tahunan Pemda DKI Jakarta)

~Berkontribusi dalam kampanye global untuk membuktikan bahwa dengan bekerja sama kita bisa membuat perubahan besar

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hanya di Kota Jakarta ???. Karena konsumsi listrik di Indonesia masih berpusat di Jawa mencapai 77 %, sedangkan 23% untuk Daerah Ibukota Jakarta.

Sama seperti halnya di Jakarta, di seluruh dunia akan menyerukan Earth Hour pada hari Sabtu tanggal 28 Maret 2009 pukul 8.30 pm waktu setempat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: